dampak bentuk bumi pada manusia

 Kegiatan Ekonomi di Daerah Pegunungan

Perkebunan Teh di Pegunungan
Perkebunan Teh di Pegunungan, sumber : wafertango.com
Pegunungan merupakan bagian dari daratan yang membentang dan menjadi kawasan yang terdiri atas deretan gunung-gunung dengan ketinggial lebih dari 600 meter dpal.

Catatan :
dpal = di atas permukaan laut

Di daerah pegunungan, secara keseluruhan memiliki arti yang sangat penting dalam kegiatan ekonomi penduduk, diantaranya menjadi tempat usaha kehutanan, pertanian, serta perkebunan. Di Indonesia, daerah pegunungan tersebar di setiap pulau-pulau besar atau kecil, sehingga kegiatan ekonomi penduduk di daerah pegunungan terdapat di seluruh wilayah Negara Indonesia ini.

Kegiatan ekonomi dalam bidang kehutanan diupayakan dalam bentuk penebangan kayu, pemeliharaan kayu, pengumpulan hasil hutan, contohnya seperti  rotan, damar dan pengusahaan hutan.

Pada daerah tertentu, terdapat kegiatan ekonomi pertambangan, seperti contohnya pertambangan tembaga yang ada di daerah Tembagapura Papua.

Adapula penduduk yang tinggal di gunung atau pegunungan ini lebih memanfaatkan lahan yang begitu terbatas untuk kegiatan pertanian. Lahan-lahan dengan kemiringan yang cukup besar, masih bisa dimanfaatkan oleh penduduk.

Biasanya, komoditas yang dikembangkan ialah sayuran dan buah-buahan. Sebagian dari penduduk tersebut lebih memilih untuk memanfaatkan lahan yang miring dengan menanam beberapa jenis kayu untuk dijual.

Tidak hanya mengembangkan komoditas tersebut, di daerah pegunungan ini juga menjadikan segala aktivitas sulit untuk dilakukan secara meluas, yang berakibat hanya pada bagian tertentu saja yang relatif datas dimanfaatkan untuk permukiman. Permukiman dibangun di daerah yang dekat dengan sumber mata air, terutama di lereng bawah, atau di kaki gunung.


Kegiatan Ekonomi di Daerah Dataran
Image result for dataran rendah
gambar daratan rendah
Di beberapa wilayah yang tersebar di Indonesia ini banyak dijumpai daerah dengan memiliki dataran rendah dan dataran tinggi. Daerah seperti Kalimantan dan Papua, dataran rendah merupakan rawa-rawa. Dataran rendah yang ada di Indonesia merupakan daerah yang subur.

Pada umumnya, dalam kegiatan ekonomi penduduk yang terjadi di dataran rendah dan dataran tinggi ini contohnya pertanian, industri, pertambangan, dan perdagangan.

Pada dataran rendah, topografi yang relatif datar ini membuat kawasan yang cukup layak bagi semua bentuk penggunaan lahan, baik dalam pertanian, permukiman, industri, atau bentuk-bentuk penggunaan lahan yang lainnya

Perhubungan atau transportasi antarwilayah (tempat tinggal) pada dataran ini relatif lebih baik dan lebih mudah dibandingkan dengan daerah di pegunungan. Hal ini disebabkan oleh pembuatan jalan dan sejenisnya menjadi begitu lebih mudah dengan biaya yang relatif kecil dibandingkan dengan daerah pegunungan.

Kegiatan ekonomi yang terjadi di daerah dataran tinggi yang cukup airnya biasanya dimanfaatkan untuk pertanian sawah dan pertanian tegalan. Pada daerah dataran tinggi, tidak semua jenis tanaman bisa hidup dengan baik, seperti sayur-mayur, karet, kopi, teh, kelapa sawit, coklat, dan kina.

Dataran tinggi juga bisa dimanfaatkan sebagai usaha perkebunan dan menjadi tempat wisata yang cocok dalam segi ekonomi. Seperti contoh kecilnya saja, yang sering menjadi destinasi wisata masyarakat dari penjuru Indonesia ialah Dieng.

Kegiatan Ekonomi di Daerah Pantai dan Perairan

Objek Wisata di Pantai
Objek Wisata di Pantai, sumber : gosumatra.com
Kegiatan ekonomi yang terjadi di daerah pantai dan perairan ini memiliki kaitan yang erat dengan potensi ekonomi yang terdapat pada perairan tersebut. Kegiatan ekonomi yang paling utama di daerah pantai dan perairan ialah penangkapan ikan.

Dalam hal ini termasuk dalam upaya pemeliharaan dan penangkapan ikan di perairan darat dan laut. Di samping itu, kegiatan ekonomi yang lainnya ialah dalam bidang penambangan lepas pantai, tempat tinggal, pelabuhan, bahkan destinasi wisata.

Pantai yang dipengaruhi oleh Samudera ialah Pantai Barat Sumatera, Pantai Selatan Jawa hingga Nusa Tenggara, yakni Samudera Hindia dan beberapa daerah yang ada di Maluku dan Papua, yakni Samudera Pasifik. Kegiatan ekonomi penduduk di sini akan lebih banyak dalam upaya penangkapan ikan di laut bebas.

Pantai yang tak terpangaruh oleh Samudera yakni pantai-pantai lainnya yang ada di Indonesia. Penangkapan ikan ini telah sampai pada pemeliharaan ikan, yakni dalam pertambakan ikan, seperti contohnya pertambakan udang, ikan bandeng dan ikan gurami. Daerah pantai biasanya dimanfaatkan menjadi tempat tinggal, daerah pelabuhan, serta obyek wisata.

Kegiatan ekonomi penduduk lain di daerah pantai ialah pengolahan garam, pelabuhan laut, pusat-pusat industri dan perdagangan. Daerah pantai pada umumnya tidaklah subur sehingga sulit untuk dijadikan pertanian sawah. Daerah ini dimanfaatkan sebagai perkebunan kelapa.

Kegiatan ekonomi manusia yang lainnya di daerah pantai erat kaitannya dengan budidaya mutiara, budidaya rumput laut, dan pengolahan sawah pasang surut.

            https://www.ayoksinau.com/wp-content/uploads/2019/11/pengertian-dataran-rendah.png

Comments

Popular posts from this blog

teori pembentukan bumi

TEORI PENGAPUNGAN BENUA

facts about the universe